sembuhin sendi gimana

Suatu saat saya pernah berpapasan dengan seseorang yang bertanya obat jari tangan kaku saat ditekuk dimana ya bisa mendapatkannya…. Saya tidak ngerti, malah bingung ditanya begitu. 

Akhirnya saya jawab tidak tahu karena memang saya tidak tahu sama sekali. Saya hanya tukang bersih kalau ditanya obat sendi ya bingung parah. tidak tahu hal seperti itu. 

saya pekan depannya setelah peristiwa itu, ada teman dokter yang datang. namanya zana. asli orang minang yang awal mula jumpa di ibukota. 

zana seorang tenaga medis di salah satu rumah sakit ternama di Jakarta. daripada saya, dia seorang tenaga kesehatan yang dapat saya tanya tentang apapun apalagi tentang sendi. 

Katanya, sendi merupakan bagian penting bagi manusia. tanpa adanya sendi, akan sangat susah bergerak. kenapa? karena sendi berfungsi sebagai penghubung tulang. 

jadi karena sendi ini, kita bisa beraktivitas bebas tanpa ada masalah. tidak mengalami sakit ketika menekuk, berlari, dan mengerjakan aktivitas lainnya. 

hal demikian, kata zana, karena pada sendi terdapat cairan sinovial yang berfungsi sebagai pelumas dengan begitu gerak tulang kita menjadi lancar dan tidak merasa sakit sama sekali. 

lalu saya tanya lagi ke zana, “ Kalau cairan sinovial itu tidak ada bagaimana?”

[teman saya itu menjawab|dijawab zana}, berkurang sedikit saja menimbulkan sakit yang terasa sangat apalagi tidak ada. 

makanya peranan sendi itu sangat penting. kalau sendi bebas bergerak, sendi dapat bergerak semaunya. tapi kalau sudah sakit, rasanya pengen istirahat saja. pengen mager. 

memang benar kalau sendi sudah sakit, aktivitas yang kita kerjakan pun sedikit. mau apa saja susah dan terkendala. 

macam - macam kendalanya, ada yang bisa beraktivitas karena ringan, artinya masih bisa melakukan sesuatu tapi geraknya tidak leluasa. ada juga yang benar - benar istirahat total. tidak bisa bergerak dan hanya bisa diam saja dirumah. 

Karena mau apa juga bingung. hanya di tempat. semua serba terbatas. bergerak pun tidak nyaman. 

 

dan demikianlah peran penting sendi. ternyata sendi mempunyai banyak hal penting untuk setiap kita masing - masing. bisa beraktivitas sebebas ini juga karena tugas yang dijalankan sendi sesuai tanpa kurang apapun. 

Ada banyak hal baik yang bisa kita lakukan dengan sendi. mau kemana saja siap dan ayo saja. 

Sendi sehat itu yang nomer satu. Bayangkan kalau banyak keluhan sendi. tidak bisa diajak kerjasama. yang semestinya kita bisa beraktivitas tinggi, sekarang pasrah|kini hanya bisa} istirahat saja. 

Sebelum kita bicara jauh tentang sendi, saya mau cerita dahulu mengenai zana teman saya ini. Dengan ilmu medis yang dimilikinya, saya kira bisa banyak orang terbantu dengannya. 

zana orangnya baik banget. saat pertama kali bertemu, orangnya grapyak dan manis senyumnya. Lebih lagi lagi sudah terkembang senyumnya, garis wajahnya semanis madu dan menawan. 

Suara Zana lembut sekali, berbicaranya seolah berbisik padahal jelas. suaranya merdu dan menentramkan. Kalau sudah berbicara, seperti angin yang menerpa wajah kita, adem dengernya. 

Wajah zana indah sekali bagai purnama yang terang benderang. seterang itu namun tak silaukan mata yang memandang. Dipandang meneduhkan, semakin dipadang semakin bertambah kangennya, semakin dalam kenangannya, semakin harus hati yang merasakannya. 

Lembut saat kedua tangannya menyapa kulitku, halus budi halus pula tutur kata. Jika menggapai punggung tangan, seolah meraih sesuatu yang tidak mau dilepas apapun sebabnya. 

Zana seorang murah hatinya lagi dermawan. Pandai menengok orang yang membutuhkan, lalu dari tangannya akan memberi tidak seberapa tapi amat berharga 

Kita ke sendi, 

Apa Saja Penyebab sendi Sakit?

Ada banyak hal penyebab sendi sakit. Tidak cuma satu dua, tapi berbagai sebabnya. Dan kali ini kita akan membahasnya sebagian. 

Dan berikut ini adalah penyebab sendi sakit:

 

Radang Sendi

Pernah kena radang sendi? misal pernah sakit sendi hanya saja bingung apakah sakit yang dirasakan bernama sakit radang sendi atau bukan, kamu bisa simak pemaparan kawan saya ini berikut. 

Radang sendi umumnya menyebabkan bengkak dan rasa panas sensasi. Rasanya campur aduk seperti nyut - nyutan. Seakan darah hanya berhenti disitu, tidak ada siklus. 

Siapa saja bisa kena radang sendi Untuk Sendi

Untuk mengatasi sendi, tidak sekedar konsumsi obat saja. tapi konsumsi makanan yang baik untuk sendi juga merupakan salah satu untuk mengatasi sendi. 

Misal dalam waktu lama kita konsumsi makanan yang mendukung peningkatan dan perbaikan sendi, maka otomatis sendi kita juga akan sehat. Kalau sehat, apapun yang ingin kita lakukan pun bisa terpenuhi tanpa kendala. Mau banyak kegiatan juga tetap mendukung. 

Jadi, Kalau sejak awal kamu berpikir bahwa apa yang kita makan tidak berpengaruh, pendapat kamu tentu tidak berdasar. nyatanya apa yang kita makan sangat memiliki dampat terhadap kondisi suatu penyakit. 

Jika kita terlalu banyak konsumsi makanan tersebut, saat kita sakit sendi pun secara bertahap akan semakin baik dan baik. Apa yang kita makan pasti terdapat nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu mengobati keluhan sendi kita. 

Nah, yuk kenali apa saja makanan yang mendukung perbaikan untuk sendi. Harapannya ketika kamu mengetahui jenis makanan yang sesuai dan baik untuk sendi, kamu bisa mulai mengkonsumsinya. 

Jangan kemudian sudah tahu kalau makanan ini baik untuk sendi tapi justru malas untuk mengonsumsinya. Lalu untuk apa jika seperti itu?. Nanti jatuhnya sia - sia dan keluhan sendi pun akan semakin parah. kamu akan tetap seperti itu. 

Kamu akan selalu berkeluh kesah seperti biasa kalau sendi sakit. apa - apa mengeluh dan mengaduh. Bahkan saking tidak bisa menahan sendi yang sakit akhirnya air mata jatuh menahan sakit. 

 

Ini dia makanan yang baik untuk sendi:

Makanan berwarna

Makanan berwarna seperti anggur, jeruk, strowbery, blueberry dan macam - macam buah lainnya yang bagus untuk sendi. Kamu bisa konsumsi rutin salah satu dari banyak buah yang disarankan. 

enak sebenarnya.. makan buah tapi dapat dalam saktu waktu mengobati dan mencegah sakit sendi. Mending begitu daripada harus minum obat banyak - banyak. Rasanya pahit, efek sampingnya mengkhawatirkan seperti ginjal dan hati

Buah - buahan itu juga mudah ditemui. Coba saja pergi ke pasar terdekat atau tempat jual buah pasti bisa ada banyak. Andai rumah kamu ada di lereng perbukitan, buah seperti strabery bisa kamu petik dan tanam disana dengan baik. 

Adapun buah lain bisa juga ditanam di pekarangan rumah seperti tabulambot dan taruh di depan rumah. Umumnya, tanaman buah dalam pot berbuahnya bisa cepat karena metode penanamannya dengan melalui proses cangkok. 

 

Susu

Yang harus dikonsumsi berikutnya adalah susu. susu bagus untuk sendi dan tulang karena susu mengandung kalsium tinggi.

Konsumsi susu apapun. baik susu kambing maupun susu sapi semua sama saja mengandung kalsium. tapi bagi anda yang tidak tahan laktosa dapat meminum susu kambing. 

susu kambing rendah laktosa dengan begitu pencernaan kita akan mudah menerima dan tidak menyebabkan diare. terutama anak kecil, susu kambing cocok untuk usia tersebut. 

susu kambing juga kadar gizinya mendekati asi. sehingga bagi ibu yang anaknya masih memakai susu sambung, ada baiknya untuk memberikan susu kambing saja dibanding susu sapi. 

 

Vitamin D

Terutama untuk tulang, konsumsi vitamin D menjadi keharusan karena vitamin D sangat diperlukan tulang. Vitamin D memiliki fungsi untuk menguatkan tulang. 

 

Lalu dimana memperoleh vitamin D?

jangan khawatir cara memperoleh vitamin D karena bisa di dapat dengan sangat gampang dan gratis. Yang penting jangan malas. 

Vitamin D diambil dari sinar matahari. gampang bukan?!

Setiap pagi hari cobalah untuk keluar rumah dari jam 7 - 8 pagi, lalu berjemur pada rentang jam tersebut. 

Tips terbaik menghasilkan vitamin D berjemur setiap pagi. 

 

Itu tadi cara untuk mengatasi keluhan sendi. sebelum mencari obat keluhan sendi seperti obat jari tangan kaku saat ditekuk serta obat untuk keluhan sendi lainnya.


Posting Komentar untuk "sembuhin sendi gimana"